Jangan Ragu untuk Mulai Bangun Keluarga, Inilah Tips Mengatur Keuangan bagi Pasangan Muda

- Jumat, 28 April 2023 | 21:50 WIB
Illustrasi keluarga bahagia. (Pexels.com)
Illustrasi keluarga bahagia. (Pexels.com)

HALUANJATENG.COM – Memutuskan untuk mulai membangun sebuah keluarga, bukan hanya dari keputusan emosional tetapi keputusan finansial.

Permasalahan pasangan muda selalu dikaitkan dengan permasalahan keuangan. Hal ini karena mereka tak merencanakan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk berkeluarga.

Akan lebih baik jika kamu semakin cepat merencanakan segalanya dari kebutuhan sehari-hari, rencana kehamilan, sekolah anak, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Tegal pada Sabtu, 29 April 2023: Diprediksi Berawan

Inilah beberapa cara untuk memulai membangun keluarga agar terbebas dari masalah keuangan.

1. Ketahui angka pengeluaran

Kamu bisa membuat laporan perencanaan keuangan. Ini akan membuat kamu tahu kemana arah uang pergi.

Kategorikan pengeluaran dan catat sekecil apapun uang keluar. Jika kamu melakukannya, maka keuangan akan ada dalam kendali.

Baca Juga: Dog Lovers Merapat! Berikut 3 Fakta Unik Anjing Peliharaan, Salah satunya Bisa Menurunkan Resiko Penyakit ini

2. Buat tabungan yang spesifik

Kelebihan pengeluaran utama bisa ditabung untuk kebutuhan mendatang. Misalnya untuk biaya persalinan, biaya sekolah anak atau membeli rumah.

Kamu harus membuat rekening terpisah untuk setiap target tabungan, jangan sampai kamu mencampurkan antara rekening kebutuhan utama dengan tabungan.

3. Pikirkan kembali prioritas keuangan

Ketika belum memiliki anak, mungkin kamu akan menabung uang untuk tabungan pensiun, investasi saham, atau bahkan membeli mobil.

Halaman:

Editor: Umi Uswatun Hasanah

Sumber: Popsugar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X