Jalan Daendels Pantai Selatan Akan Segera Direnovasi Tahun Depan, Ganjar: Itu Bukan Jalan Rusak, Itu Jalan..

- Selasa, 21 Maret 2023 | 15:35 WIB
Ganjar cek jalan di Kebumen (Pemprov Jateng)
Ganjar cek jalan di Kebumen (Pemprov Jateng)

HALUANJATENG.COM - Upaya perbaikan jalan Daendels di wilayah Pantai Selatan (Pansela) Kabupaten Kebumen, akan mulai dikerjakan tahun ini. 

Setelah terjadi perdebatan mengenai status jalan itu, kini statusnya sudah memiliki kejelasan dan akan menjadi jalan kabupaten.

Kejelasan status jalan tersebut telah dikonfirmasi oleh Ganjar Pranowo selalu Gubernur Jawa Tengah (Jateng), saat Musrenbangwil Barlingmascakeb (Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen) di Pendopo Kabupaten Kebumen, Senin 20 Maret 2023.

Baca Juga: Permintaan Maaf Kemenkeu Soal Hadiah Piala Lomba Nyanyi yang Dimintai Pajak oleh Bea Cukai: Doa Kami..

Kebumen itu paling masalah Jalan Daendels. Setelah kami cek, itu ternyata jalan tak bertuan. Pusat bukan, provinsi bukan, kabupaten bukan." tutur Mantan DPR RI tersebut. 

Menurut Ganjar, masyarakat yang melewati jalan tersebut kerap marah mendapati kerusakan jalan yang parah. Kemarahan juga nampak ketika jalur selatan lain dibangun sedangkan jalan Daendels semakin parah kerusakannya. 

Namun kini kejelasan mengenai jalan Daendels sudah ditetapkan milik Kabupaten, sehingga secara operasional dan administratif sudah disepakati milik Kabupaten Kebumen

"Semua marah lewat situ. Apalagi waktu jalur Selatan Selatan dibangun. Sekarang statusnya sudah jelas, masuk jalan kabupaten,” ujar Ganjar Pranowo,

Baca Juga: Rekomendasi 5 Kuliner Khas Banjarnegara Jawa Tengah, Ada Buntil yang Terkenal sampai Yunani dan Turki

Ganjar menceritakan, saat dirinya sedang mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kebumen beberapa waktu lalu, keluhan mengenai kondisi jalan Daendels pun disampaikan. 

Ganjar menjelaskan Jalan Daendels tidak lagi masuk kategori rusak, namun sudah masuk kategori remuk. Kendala perbaikan yang tidak dapat dilakukan, mengingat status kejelasan perihal kepemilikan jalan yang belum bisa ditentukan. 

“Anggaran tidak ada, kebetulan lagi anterin Presiden. Jalan ini tidak masuk kategori rusak, tapi remuk. Ini tanpa status. Karena ini ada Inpres infrastruktur sampai ke desa, akhirnya dapat Rp 68 miliar,” ucap Ganjar, saat memimpin Musrenbangwil.

Ditemui usai Musrenbangwil, Ganjar menegaskan jalan Daendels akan mulai dibangun pada tahun ini. Ketika nanti selesai diperbaiki, operasional akan diserahkan ke tingkat kabupaten.

Baca Juga: Bupati Kendal Lakukan Kunjungan Kerja Ke Hongkong, Hasilkan Investasi Rp700 Miliar

“Tadi sudah saya sampaikan sekitar Rp 68 miliar. Pembangunan Insya Allah tahun ini. Tinggal diperjelas, nanti kalau sudah jadi Daendels dibangun, serahkan ke Pak Bupati. Kepemilikan nanti kabupaten, tapi akan dibangunkan. Saya sudah bicara,” jelas Ganjar

Halaman:

Editor: Erik Various Eggelio

Sumber: Pemprov Jateng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X